Laptop Anda Lemot? Kenali Penyebabnya Dan Praktikkan Cara Mengatasi Laptop Lemot Berikut Ini (III)


Jika laptop atau notebook Anda mengalami lemot, mungkin juga disebabkan dua hal ini. Nah, cobalah atasi sendiri dengan langkah-langkah cara mengatasi laptop lemot dan maupun pencegahannya berikut ini.



Penyebab-Dan-Cara-Mengatasi-Laptop-Lemot

Dua hal ini mungkin terjadi bagi laptop yang termasuk keluaran jadul. Kalaupun bukan jadul mungkin spesifikasinya masih biasa-biasa. Karenanya sebelum membeli laptop, kenali spesifikasinya dengan baik. Cari referensi di internet maupun buku-buku agar Anda tidak salah beli. Minimal sudah tahu akan mencari model laptop apa yang sesuai dengan kebutuhan kerja Anda. Nah, kali ini cara mengatasi laptop yang lemot dikhususkan bagi laptop yang keberatan dengan program tertentu ataupun kebanyakan program yang terinstall.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Karena Program Berat Dan Program Berlebih.


Anda harus mengerti bahwa laptop Anda punya kemampuan terbatas. Seperti yang kami singgung sebelumnya, untuk mengenali spesifikasi dan RAM Anda bisa melihatnya dengan klik kanan pada disk Computer maka akan muncul jendela baru yang menjelaskan speisikasi komputer Anda. Dengan mengerti kemampuan komputer sendiri, maka Anda akan lebih berhati-hati.


  1. Periksa Program Yang Mungkin Berat




Setelah mengetahui gambaran kemampuan laptop Anda, maka saatnya Anda teliti program apa saja yang terpasang. Biasanya program-program game itu yang makan memori berlebih. Atau program-program editing foto maupun video.

Kalau memang komputer Anda tak memadai maka sebaiknya tidak memaksakan program berat tersebut. Akibatnya akan membuat laptop jadi lemot. Apalagi jika memaksa untuk menjalankan program tadi, maka biasanya malah terjadi eror ataupun not responding.

Jadi cara mengatasi laptop yang lemot gara-gara program berat ini hanyalah dengan melepas/uninstall program tersebut. Langkahnya pun cukup mudah. Klik start menu, lalu pilih control panel. Di control panel pilih uninstall a program. Maka akan muncul daftar program yang terinstall di laptop Anda. Klik pada program yang ingin dilepas, lalu klik uninstall kemudian ikuti prosesnya.

Penyebab-Dan-Cara-Mengatasi-Laptop-Lemot

Penyebab-Dan-Cara-Mengatasi-Laptop-Lemot

2. Mengatasi laptop Lemot Karena Banyaknya program Di Startup


Beberapa program akan otomatis ikut berjalan ketika komputer dihidupkan. Jika terlalu banyak program yang ikut berjalan bersama “bangunnya” system tentu akan membuat proses awal menjadi lama. Karenanya kali ini coba Anda periksa bagian startup laptop Anda dan kenali beberapa program yang seharusnya tidak perlu langsung hidup berbarengan dengan dihidupkannya sistem komputer.

Caranya:

Tekan tombol windows + R. Setelah muncul jendela run ketikkan msconfig lalu enter/oke.

Pada jendela System Configuration pilih menu Startup. Maka akan tampak daftar program-program yang ikut berjalan begitu windows sudah berjalan.

Penyebab-Dan-Cara-Mengatasi-Laptop-Lemot

Beberapa program inti yang berkaitan dengan driver sebaiknya jangan diutak atik. Langsung hilangkan saja centang pada program player dan video editing. Setelah itu klik oke.

Maka otomatis laptop dan komputer akan restart. Rasakan ada bedanya dengan sebelumnya.

Itulah cara mengatasi laptop lemot karena terlalu banyak program du startup maupun karena program yang berat. Semoga bermanfaat.

 

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[Close X]==