Komputer Anda Lemot? Kenali Penyebabnya dan Praktikkan Cara Mengatasi Laptop Lemot Berikut Ini (II)


Selain karena RAM kurang mendukung dan adanya multitasking, laptop lemot juga disebabkan hal berikut ini. Simak juga cara mengatasinya ya Guys…



Penyebab-Dan-Cara-Mengatasi-Laptop-Lemot

Jika sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana cara mengatasi laptop lemot karena RAM kurang mendukung dan adanya multitasking, kali ini lanjutannya. Nah, laptop Anda bisa lemot adakalanya karena telah terinfeksi virus komputer. Karenanya perlu dilakukan beberapa langkah dalam cara mengatasi laptop lemot gara-gara virus.

Virus sendiri ada bermacam jenisnya. Ada Malware (Malicious Software), virus, Trojan, Worm, dan Spyware. Masing-masing mempunya karakter sendiri. Malware merupakan software jahat yang bertujuan untuk mengubah, menyembunyikan atau bahkan menghapus data. Sedang virus merupakan bentuk malware yang memerlukan perantara pihak ketiga untuk menginfeksi sebuah perangkat. Lain lagi jenis Worm yang punya kemampuan menyebar dalam jaringan komputer tanpa perantara semacam flashsdisk. Sementara itu Spyware merupakan virus yang dibuat untuk memata-matai jaringan komputer, dan Trojan yang menyamar sebagai program baik seperti crack, game dan program lainnya.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Karena Virus Dengan Anti Virus


Bgaimanapun tampaknya tidak membahayakan namun virus tetaplah virus. Apalagi jika sudah menggandakan diri. Bisa-bisa merusak data yang sudah ada. Karenanya segeralah lakukan tindakan pengamanan.

Untuk mengatasi Laptop Lemot karena virus, Anda harus menggunakan antivirus yang handal. Walaupun semua Antivirus berfungsi sama, yaitu menangkal serangan virus komputer, namun kadang satu dengan lainnya tidak sama. Karena itu Anda bisa kombinasikan beberapa antivirus untuk melindungi laptop Anda.

Salah satu antivirus yang kuata misalna AVG, AVIRA dan Norton. Namun dalam keadaan yang sudah parah, kadang antivirus sudah tak mampu lagi membersihkan virus yang telah menjangkiti komputer. Maka tak ada cara selain install ulang.

Cara Mengatasi Laptop Lemot Karena Virus Dengan System Restore.


Ada satu trik ampuh untuk mengatasi virus yang membandel. Tanpa antivirus atau software. Namun Anda harus tahu trik ini dan mempersiapkannya saat komputer masih terasa sehat. Yaitu menggunakan system restore.

Cara ini ibaratanya menarik waktu mundur ke waktu dimana komputer masih sehat. Ketika settingan komputer dikembalikan ke waktu dimaman komputer masih sehat, otomatis virus yang datang setelah waktu yang ditentukan tersebut terhapus sendiri.

Nah, saat laptop Anda masih sehat, segera buatlah restore point atau titik pengembalian. Langkahnya seperti ini:

  • Tekan tombol menu awal, muncul kotak Start Menu. Klik kanan pada menu computer

  • setelah itu pilih properties


 

  • setelah muncul jendela baru, pilih System Protection

  • Muncul jendela baru, Untuk membuat Restore Point tinggal klik Create saja

  • Untuk menamai file restore, tulis nama terserah keinginan Anda. Lalu klik Create dan tunggu prosesnya. Kadang agak lama.

  • Setelah beberapa saat, ada pemberitahuan bahwa proses telah selesai. Close saja


Itu tadi proses pembuatan titik kembali. Ah, untuk menggunakannya saat komputer terkena virus, caranya begini:

  • Ketikan System Restore pada menu Search seperti gambar dibawah lalu klik System Restore

  • Pilih Chosee a different restore point kemudian klik Next

  • Maka akan terlihat Restore Point yang pernah Anda buat. Untuk memulai System Restore klik Next, dan ikuti prosesnya


Nah mudah sekali bukan? Untuk menghilangkan virus yang telah menjangkiti tinggal kita pakai “mesin waktu” untuk kembali ke waktu komputer masih sehat. Otomatis virus amblas. Karena itu, selagi komputer Anda masih sehat segera buatlah point restore seperti diatas.

Itulah tip untuk cara mengatasi laptop lemot karena virus. Semoga bisa dipraktikkan.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[Close X]==