Inilah 3 Langkah Dalam Cara Memperbaiki Flashdisk Anda Yang Rusak Tidak Terbaca


Flash Disk memang merupakan perankat kecil namun besar khasiat eh kegunaannya. Namun jika flash disk yang banyak memuat data penting milik Anda tiba-tiba rusak dan tidak terbaca, tentu pusing bukan? Nah ikuti 3 cara mengatasi flash disk rusak tak terbaca berikut ini.



[caption id="attachment_548" align="aligncenter" width="500"]Cara-Memperbaiki-Flashdisk-Anda-Yang-Rusak-Tidak-Terbaca Kumpulancara.info[/caption]

Kebanyakan orang menyepelekan barang kecil ini jika rusak. Memang flash disk kian murah saja. Sehingga kalau tiba-tiba rusak dan tidak terbaca, paling-paling segera beli lagi. Namun kalau isinya data-data penting dan belum diback up, gimana dong? Nah setelah mengetahui beberapa penyebab flash disk tak terbaca berikut ini, anda bisa coba lakukan cara memperbaiki flash disk yang rusak dan tak terbaca.

Penyebab Flash Disk Rusak Hingga Tak Terbaca


Penyebab paling umum yang menjadikan flash disk Anda bisa rusak adalah sering melepas flash disk dengan kasar. Tanpa melalui prosedur eject terlebih dahulu. Kebiasaan ini bisa menyebabkan flash disk rusak permanen. Jika sidah rusak permanen, maka harapan untuk memperbaikinya sangat kecil.

[caption id="attachment_549" align="aligncenter" width="545"]Cara-Memperbaiki-Flashdisk-Anda-Yang-Rusak-Tidak-Terbaca Sumber: merpatitempur.blogspot.com[/caption]

Penyebab lainnya, mungkin juga Anda memilih flashdisk yang murah meriah. Karena barang muah meriah bisa saja sebenarnya barang KW alias abal-abal. Membeli barang murah yang tak terjamin keasliannya membuat kita terjerumus ke pemborosan disebabkan pada akhirnya harus membeli lagi. Sudah nyata namanya barang KW rusaknya pasti lebih cepat.

3 Langkah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca /Rusak


1. Periksa seberapa kerusakannya


Langkah pertama adalah memeriksa flashdisk. Kita pastikan dulu seberapa berat kerusakan yang dialaminya. Apakah yang rusak adalah flashdisk-nya ataukah justru sistem operasi komputer yang bermasalah hingga tak mendeteksi flashdisk kita.

Cobalah colokkan flashdisk pada komputer lain. kalau masih terdeteksi, berarti kemungkinan bukan flashdisk yang rusak namun sistem operasi komputer Anda yang bermasalah. Mungkin komputer anda belum terinstallah driver untuk flashdisk. Tapi kalau memang di komputer lain juga tak terdeteksi, berarti memang flashdisknya yang rusak.

2. Format Ulang Flashdisk


Kalau memang sudah nyata flashdisknya yang bermasalah, maka langkah kedua adalah mencoba untuk melakukan format ulang terhadap flashdisk yang tak terbaca tersebut. Begini caranya:

  • Colokkan flashdisk ke komputer atau laptop

  • Tekanlah tombol Windows + R di keyboard untuk memunculkan jendela Run. Ketikkan compmgmt.msc di kolom Run.

  • Muncul jendela Computer Management. Pilihlah menu Storage, lalu klik Disk Management yang merupakan sub menunya. Jika flashdisk Anda bisa terlihat dari menu ini, maka berarti masih bisa diperbaiki.Cara-mengatasi-flashdisk-rusak-tak-terbaca

  • Selanjutnya klik kanan pada flashdisk yang kini terdekteksi di Computer management. Pilih format untuk melakukan format ulang pada flashdisk.


3. Format Ulang falshdisk Rusak tak Terbaca Dengan Software


Cara terakhir untuk melakukan perbaikan dengan format ulang flashdisk adalah dengan menggunakan software. Jika flashdisk Anda masih tetap tak terbaca, cobalah download aplikasi HDD Low Level Format Tool. Versi Free dari aplikasi ini sudah cukup untuk mengatasi flashdisk Anda.

[caption id="attachment_551" align="aligncenter" width="450"]Cara-Memperbaiki-Flashdisk-Anda-Yang-Rusak-Tidak-Terbaca Sumber: popcorntimeforios.com[/caption]

Nah itulah 3 cara memperbaiki flashdisk rusak dan tak terbaca. Jadi sebelum memutuskan membuan flashdisk lama dan memberi yang baru, cobalah dulu apakah flashdsk Anda masih bisa dipakai dengan cara ini.

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[Close X]==