Gaji Anda Masih Kecil? Ini, 12 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Yang Harus Anda Terapkan


Alangkah repotnya ya kalau gaji masih kecil tapi kebutuhan sudah berjubel? Tentu harus pandai-pandai mengatur keuangan rumah tangga kalau begitu. Bagiamana caranya ya? Simak ulasan berikut ini…



[caption id="attachment_467" align="aligncenter" width="630"]Cara-Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga Sumber: kerditgogo.com[/caption]

Agar terhindar dari defisit keuangan keluarga, besar kecilnya gaji  ternyata juga mempengaruhi bagaimana cara seseorang mengelola keuangan keluarganya. Terlebih bagi Anda yang memilik gaji tiap bulannya pada nominal tetap misalnya dengan gaji 2 Juta, tahu sendiri bukan, harga kebutuhan nggak pernah menetap. Tentu karena gaji masih kecil Anda akan kesulitan menyimpan uang untuk berbagai keperluan darurat, biaya kuliah, simapanan pension, apalagi membeli mobil dan kendaraan lainnya. Yang lebih sering justru gaji yang kecil itu habis hanya untuk memenuhi keperluan belanja keluarga saja. Karena itulah Anda layak mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga bagi yang masih bergaji kecil ini.

Sudah wajar jika setiap keluarga memiliki rencan masa depan seperti memiliki atau membangun rumah, membali kendaraan pribadi, berlibur ke tempat romantic, membiayai anak hingga kuliah tinggi dan sebagainya. Rencana dan keinginan tersebut hanya akan menjadi sekedar rencana dan angan-angan jika kita tidak bisa menyiasati keuangan yang pas-pasan. Karena itu uraian berikut ini adalah tentang 12 cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil.


  1. Lakukan Evaluasi Biaya Rumah Anda Agar Tak Memotong Gaji Terlalu Besar




Sering orang kesulitan menyiasati keuangan rumah tangga akibat adanya cicilan KPR yang telah memangkas sebagian besar gajian. Maka sebaiknya cicilan rumah tidaklah lebih besar dari 25% total gaji bulanan Anda. Berusahalah mencari KPR dengan cicilan paling kecil. Kalaupun belum mampu mencicil rumah, carilah rumah kontrakan yang harganya murah. Ukurannya ya tidak lebih dari 25% total gaji Anda.

[caption id="attachment_468" align="aligncenter" width="630"]Cara-Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga Sumber: orangdalam.com[/caption]

Target memiliki rumah sendiri harus Anda utamakan. Kalau sudah memiliki rumah, tentunya Anda bisa menyisihkan sebagian gaji untuk menabung dan berinvestasi.

Sedangkan bagi Anda yang masih lajang dan sedang mencicil rumah, sewakan saja satu atau dua kamar di rumah Anda itu kepada rekan yang membutuhkan. Hasil dari menyewakan kamar tentu akan banyak membantu cicilan rumah Anda. Dengan begitu, karena cicilan sudah terbantu, maka Anda bisa menyisihkan sebagian besar gaji untuk tabungan masa depan. Lebih nikmat kalau pas nikah sudah punya rumah bukan?


  1. Buatlah Rencana Belanja Bulanan dengan Matang




Jangan sampai saat ada uang terjadi pemborosan gara-gara menuruti keinginan untuk belanja-belanja. Padahal yang ingin dibeli itu belum tentu termasuk kebutuhan. Nah, cara terbaik untuk memanfaatkan gaji kecil dengan sefektif mungkin adalah dengan membuat rencana belanja bulanan secara tertulis. Buatlah anggaran tertulis untuk belanja Anda setiap bulannya. Nanti ketika sudah waktunya membeli dan ada uang gajian, Anda sudah punya rencana dan arahan apa yang akan dibeli. Tetapi usahakan jangan melebihi anggaran yang direncanakan. Sebab uang sisa Anda belanja nantinya tentu akan digunakan untuk rencana lain yang sudah tersusun. Jika Anda konsisten, maka dengan cara ini akan dapat mengurangi risiko kehabisan uang disebabkan belanja yang tidak perlu.

Buatlah rancangan anggaran bulanan tertulis dengan memetakan daftar kebutuhan menjadi dua, yaitu kebutuhan pokok dan kebutuhan sekunder serta tersier. Halhal pokok/primer adalah seperti makan, transportasi, mengisi pulsa listrik maupun telepon, cicilan rumah, cicilan motor dan sebagainya. Sedangkan yang tergolong tersier seperti belanja baju, jalan-jalan hingga anggaran untuk hangout.

Tak hanya membuat saja, Anda pun dituntut harus patuh dan taat pada anggaran yang Anda buat sendiri.


  1. Cukuplah Membeli Barang yang Masih Layak, Nggak Harus Baru




Untuk menghemat anggaran belanja tak ada salahnya anda mencukupkan diri dengan membeli barang-barang yang masih layak. Baik itu barang elektronik, furniture, kendaraan dan sebagainya. Banyak lo barang-barang yang katanya bekas dan harganya di bawah normal ternyata hanya karena jarang dipakai atau bahkan belum dipakai. Banyak juga diinternet lapaklapak khusus yang menjual barang bekas.

[caption id="attachment_470" align="aligncenter" width="403"]Cara-Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga Sumber: viramandiri.com[/caption]

Ini akan sangat membantu Anda berhemat. Dengan menggunakan barang bekas yang masih bagus, Anda hanya perlu memberi tindakan tertentu untuk memperindahnya kembali.


  1. Jika Membeli AC, Carilah Yang Otomatis




Pengatur suhu otomatis akan banyak membantu Anda menghemat biaya listrik. Memang mahal. Tapi AC jenis ini akan banyak menghemat anggaran bulanan Anda. AC ini akan otomatis mengurangi kerjanya ketika tidak ada orang dirumah. Namun ini membantu Anda untuk hemat listrik sehingga anggaran untuk isi pulasa listrik juga terkendali.


  1. Kontrol Kartu Kredit Anda




[caption id="attachment_469" align="aligncenter" width="528"]Cara-Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga Sumber: gresik.co[/caption]

Kartu kredit memang memberikan segala kemudahan dalam berbelanja. Banyak promo yang bisa didapat jika kita belanja dengan kartu kredit. Namun kartu kredit juga bisa menjebak pemiliknya dalam hutang berkepanjangan jika tidak mampu mengelola dengan bijak. Terlebih bila Anda masih pekerja dengan gaji 3 juta atau kurang.

Jika ternyata Anda kurang mampu mengontrol kartu kredit, maka lebih baik untuk sementara ini hiduplah tanp kartu kredit. Jangan sampai anggaran membengkak dan rumah tangga jadi rebut gara-gara tagihan kartu kredit yang tak sesuai pemasukan.


  1. Batasilah Pengeluaran untuk Beberapa Aktivitas Yang Tidak Perlu




Pandai-pandailah merangkap dan meringkas berbagai keperluan dan tugas dengan beberapa keperluan. Misalnya membeli makan siang sembari melakukan tugas kantor yang urusan keluar, belanja sekaligus mengantarkan anak sekolah. Ini akan menghemat pengeluaran untuk BBM. Bahkan jikalau tempat kerja Anda dekat dengan rumah, maka seperti kegiatan makan pagi dan siang alangkah lebih baik jika di rumah saja. Kalau dari kantor ada anggaran makan siang kan lumayan bisa ditabung.


  1. Kurangi Aktivitas Naik Kendaraan Bermotor




Untuk beberapa kegiatan yang bisa dijangkau dengan jalan kaki, maka lebih baik jalan kaki. bahkan kalau ke kantor bisa dicapai dengan bersepeda misalnya, tentu akan lebih baik bersepeda. Selain untuk olahraga, bersepeda lebih aman dari kemacetan. Selain tentu untuk menghemat anggaran daripada dihabiskan untuk mengisi BBM.


  1. Sempatkanlah Kerja Sampingan Untuk Mencari Penghasilan Tambahan




Bisnis sampingan seperti berjualan pulsa kepada rekan sekantor, menjadi penulis lepas, berjualan online dan lainnya bisa Anda lakukan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama. Bahkan sebagian ada yang akhirnya berani resign dari kantor karena justru gajiannya dari bisnis sampingan lebih besar. Jangan gengsi bekerja sampingan, pokoknya halal dan segera membantu keuangan Anda agar segera tercapai target prioritasnya.


  1. Kurangi Atau Bahkan Hilangkan Kebiasaan Makan di Luar




Gaji yang pas-pasan jangan dihamburkan untuk hanya sekedar bersuka ria mentraktir keluarga di restoran. Sesekali mungkin taka pa. tapi jangan jadi kebiasaan. Makanan di restoan sudah pasti harganya berlipat-lipat. Kalaupun sesekali ingin memberi kesan kepada istri atau anak, siasati saja dengan mengajak makan di rumah makan sederhana.


  1. Lunasilah Semua Tagihan Anda Tepat Waktu




Utamakanlah tagihan terpenting untuk segera melunasinya tepat waktu. Entah listrik, PDAM, telepon, anggaran pulsa dan tagihan TV kabel. Bahkan untuk urusan TV kabel, sebaiknya malah Anda hentikan saja berlangganan. Karena sebenarnya tanpa berlangganan TV kabel pun Anda masih bisa mendapat siaran lainnya yang bisa menemai saat santai dan melepasa lelah. Kalau ada yang gratis kenapa harus bayar?


  1. Pandai-Pandai Belanja Dengan Mengincar Kupon Diskon atau Promo




[caption id="attachment_471" align="aligncenter" width="310"]Cara-Mengatur-Keuangan-Rumah-Tangga-ayo- Sumber ayo-preneurcom[/caption]

Kupon diskon dan produk promo selalu ada di berbagai mini market. Inilah alasan Anda harus pandai melihat peluang untuk belanja di mini market dan supermarket dengan memperhatikan brosur atau katalog porduk promo tiap bulannya.

Tak perlu menjadi ibu-ibu yang pandai menawar barang hingga berbusa-busa, cukup cerdas saja mencari harga promo dan diskon untuk bisa belanja dengan tetap hemat anggaran. Namun demikian, tetaplah komitmen denga daftar belanjaan pokok Anda. Jangan sampai tersesatkan oleh promosi hingga membeli barang-barang yang sebenarnya tidak perlu. Harga diskon seharusnya bisa membuat uang kita sisa, bukan malah habis-habisan.


  1. Terakhir, Semua Poin Diatas tergantung Disiplin Keuangan




Ini adalah kunci sukses mengatur keuangan keluarga yang terakhir dan terutama. Mau bagaimana rapi dan teliti sebuah rencana anggaran belanja, kalau Anda dan keluarga tidak disiplin dan konsisten, maka akan sia-sia. Karena pengawas dari peraturan yang diterekan itu akhirnya adalah diri kita sendiri. Jadi jangan dustai perasaan sendiri dengan melanggar komitmen yang sudah tersusun.

Demikian 12 tips cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil. Memang, menyisihkan uang lalu kemudian ditabungkan padahal masih bergaji kecil akan terasa sulit sekali. Tetapi dengan melakukan perubahan cara mengatur belanja setiap bulannya seperti sudah dibahas perlahan akan dapat meningkatkan pundi tabungan Anda. Apalagi kalau Anda mau mempelajari bagaiman cara menabung emas. Tentu akan lebih aman dan terjaga nilai tabungan Anda. Nah, mulailah untuk melakukan dan merencanakan 12 langkah diatas. Semoga berhasil.

 

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[Close X]==