Cara Komplain Barang Di Bukalapak Apabila Barang Yang Dipesan Kurang, Rusak Atau Beda


Bila saat Anda berbelanja di Bukalapak mengalami kendala. Baik barang yang diterima rusak, cacat, berbeda dari yang dipesan atau malah jumlahnya tak sesuai pesanan. Lalu bagaimana cara komplain barang di Bukalapak? Simak terus hingga tuntas.



[caption id="attachment_332" align="aligncenter" width="600"]Cara-Komplain-Barang-Di-Bukalapak Sumber: maxmanroe.com[/caption]

Berbelanja online kini semakin akrab di masyarakat. Berbagai kemudahan yang didapat dari transaksi online membuat orang kian banyak yang memilih berbelanja ke berbagai toko online yang bertebaran. Bukalapak adalah salah satu situs toko online yang banyak dipakai orang untuk transaksi jual beli. Karena memang transaksi online juga mempunyai kelemahan dan risiko, maka kali ini kumpulancara akan mencoba membagikan solusi bila saat Anda berbelanja di Bukalapak mengalami kendala. Baik barang yang diterima rusak, cacat, berbeda dari yang dipesan atau malah jumlahnya tak sesuai pesanan. Lalu bagaimana cara komplain barang di Bukalapak? Simak terus hingga tuntas.

Kalau Anda belanja di Bukalapak, sebelum Anda menerima barang pesanan, maka uang Anda tetap berada di rekening Bukalapak. Belum dimasukkan ke rekening penjual. Jadi apabila ada kurang nyaman atau kurang puasnya, atau penjual ternyata tidak mengirim barang, maka uang Anda tidak hilang. Tinggal cairkan saja uangnya (refund) maka uang Anda akan kembali dengan utuh. Atau simpan di dompet virtual di Bukalapak dan gunakan untuk belanja di penjual lain yang lebih bagus.

Langkah-Langkah Cara Komplain Barang di Bukalapak


Ketika ternyata barang yang kita beli lewat Bukalapak misalnya kurang (misalnya beli 2 dikirim hanya 1), barang rusak, atau beda dari yang dipesan, jangan dulu emosi. Sistem di Bukalapak aman kok. Jadi nggak usah khawatir tertipu. Uang Anda pasti kembali. Hanya saja perlu agak sabar karena semua melalui prosedur yang perlu ketenangan untuk mempraktikkannya. Nah, berikut ini lakukan langkah-langkah komplain untuk mengembalikan (retur) ataupun menukar barang yang tidak sesuai pesanan Anda:


  1. Hubungi Penjualnya




Hal pertama yang sebaiknya dilakukan untuk komplain barang di Bukalapak adalah menghubungi penjual. Hal ini bisa Anda lakukan melalui fitur berkirim pesan ke penjual yang tersedia di Bukalapak.

Beberapa penjual ada juga yang memasang nomor kontak yang bisa dihubungi. Ini lebih mudah karena Anda bisa bicara langsung kepada penjualnya. Coba bicarakan secara baik-baik tentang permasalah yang anda dapati. Jangan lupa simpanlah bungkus paketan dan resi pengiriman untuk bukti. Bahkan kadang dari bungkus paket itu Anda bisa dapati nomor penjualnya. Jadi bisa komplain langsung.

Lalu bagaimana jika penjualnya nggak bisa dihubungi atau ternyata kurang melayan keluhan Anda? Gunakan saja ke cara kedua.


  1. Komplain Lewat Sistem Bukalapak




Sebelum membahas soal cara komplain lewat sistem di Bukapalak ini, saya pesankan satu hal penting, yaitu Tidak perlu repot-repot menghubungi Call Center Bukalapak.

Kenapa? Yang jelas, nelpon call center pasti makan pulsa. Belum lagi antrian penelpon pas jam aktif. Dan … tahu sendiri, semua call center baik di operator seluler dan berbagai media penyedia jasa perantara selalu mempunyai jawaban andalan “Akan kami hubungi/laporkan ke pihak yang terkait.” Paling umum call center akan mengarahkan Anda untuk melakukan langkah-langkah yang sama dengan yang kami bahas di artikel ini. Jadi, daripada buang waktu dan pulsa, langsung saja ajukan komplain lewat sistem yang tersedia di Bukalapak.

Ohya, langkah-langkah yang kami bagikan ini lebih mudah dilakukan dengan komputer PC. Sedangkan komplain lewat aplikasi kurang lebih caranya sama.

  1. Login ke akun Bukalapak


Jika Anda belum memiliki akun di Bukalapak, maka daftarlah terlebih dahulu. Saya Anggap Anda sudah punya akun di BL. Sekarang masuk/login ke akun Anda.

Kalau sobat sudah memiliki akun bukalapak dan membeli barang menggunakan akun itu:

Buka website www.bukalapak.com lalu Login / Sign in

Klik Transaksi. Selanjutnya klik lihat semua transaksi, Klik Tab Pembelian, dan klik pada nomor transaksi yang bermasalah.

Sedangkan bagi Anda yang sebelumnya tidak terdaftar atau belum punya akun di BL, maka buka email Anda dan temukan email dari Bukalapak yang bunyinya seperti ini:

"Pesanan sudah sampai menurut pelacakan Ekspedisi, Yuk Beri Konfirmasi dan Feedback Pelapak.... (nama produk yang sobat beli)"

Di bagian isi email tersebut terdapat tulisan "Konfimasi Terima Barang". Dengan mengeklik link itu maka Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi penerimaan barang.

  1. Langkah di Bagian "Konfirmasi Terima Barang"


Di bagian ini bagi banyak orang kadang membingungkan. Karena tahu-tahu harus konfirmasi bahwa barang sudah diterima, padahal kita kan maunya balikin tuh barang. Nah, ternyata kuncinya memang disitu.

Anda harus klik tombol Konfirmasi Terima barang. Selanjutnya baru bisa memilih opsi Puas atau Tidak Puas. Tanpa mengklik tombol konfirmasi, maka dalam waktu dua hari sistem di Bukalapak akan menganggap tidak ada masalah terhadap transaksi. Selanjutnya dana yang Anda kirim akan dicairkan atau masuk rekening penjual dan Anda tak bisa klaim komplain lagi.

Perhatikan gambar berikut.

[caption id="attachment_333" align="aligncenter" width="620"]Cara-Komplain-Barang-Di-Bukalapak Sumber: gadoga.com[/caption]

Setelah konfirmasi penerimaan, maka Anda bisa mengeklik tombol opsi Tidak Puas. Selanjutnya centanglah kolom Dengan ini saya menyatakan barang telah diterima. Jangan lupa isi kolom Feddback Anda untuk …. Store dengan keterangan isi paketan yang telah anda terima. Bisa Anda jelaskan jumlah kekurangan (bila komplain jumlah), kerusakan atau lainnya.

[caption id="attachment_334" align="aligncenter" width="331"]Cara-Komplain-Barang-Di-Bukalapak Sumber: blog.bukalapak.com[/caption]

Lalu klik Ajukan Komplain. Muncul menu pertanyaan “Apakah ingin komplain barang?” anda klik “Ya, ajukan komplain”. Kemudian centang pilihan yang sesuai komplain yang ingin ada ajukan. Ada pilihan “barang rusak/cacat/pecah/, Jumlah pesanan kurang, Komponen barang tidak lengkap, dan Barang tidak sesuai pesanan. Selanjutnya klik tombol Kirim.

  1. Diskusi dengan Penjual


Untuk mengajukan komplain, persiapkan beberapa barang bukti yang kuat untuk mendukung komplain Anda kepada pelapak. Siapkan foto secukupnya tentang keadaan barang. Isi kolom komplain dengan permasalahan Anda. Unggah foto-foto pendukung yang telah dipersiapkan dengan mengklik tombol Browse. Lalu klik tombol Kirim Pesan.

[caption id="attachment_335" align="aligncenter" width="352"]Cara-Komplain-Barang-Di-Bukalapak Sumber: blog.bukalapak.com[/caption]

Sebutkan permasalahan sobat, lalu lampirkan foto bukti-bukti pendukung dengan mengklik tombol "Browse". Kalau sudah, klik "Kirim Pesan".

Setelah pesan terkirim, akan muncul tab baru di bagian transaksi di menu Bukalapak. Judulnya Diskusi Pengembalian Barang, atau Diskusi Retur. Disitu Anda bisa berdiskusi dengan penjual atau pelapak dan pihak Bukalapak akan menjadi pengawas.

Setelah barang yang dikembalikan diterima oleh penjual sesuai kesepakatan penjual dan pembeli, maka dana transaksi akan dikembalikan ke pembeli melalui fitur BukaDompet.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Komplain Barang Di Bukalapak


Perlu Anda perhatikan, bahwa kerusakan yang terjadi akibat kesalahan pihak ketiga, yaitu kurir biasanya tidak termasuk tanggung jawab penjual. Sehingga kalau barang pesanan rusak akibat proses pengiriman, maka Anda tidak bisa komplain kepada penjual. Solusinya barang pesanan bisa Anda asuransikan.

Pintar-pintarlah memilih penjual di pasar online seperti Bukalapak. Pilihlah penjual yang memiliki ratting bagus atau pelapak premium karena lebih terjamin transaksinya. Bisa juga lihat kepercayaan para pembeli dengan melihat feedback yang ada.

Itulah info tentang cara mengajukan kompalin barang di situs Bukalapak. Semoga membantu kebutuhan Anda. Semoga selalu selamat dalam transaksi online.

Temukan artikel lainnya terkait "Cara Komplain Barang Di Bukalapak Apabila Barang Yang Dipesan Kurang, Rusak Atau Beda" Pada kategori berikut ini:
               

No comments:

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

==[Close X]==